Pukis Iran

Standar

Pukis Iran

Yang pernah domisili di di Salatiga pasti kenal yang namanya Pukis Iran. Pukis yang ukurannya jumbo dengan topping aneka rasa dari coklat, kacang, keju, nanas sampai strawberry. Pukis Iran paling enak dimakan saat masih kemepul. Empuk-empuk dan manisnya pas. Harganya pun murah, hanya Rp 1000 per potongnya. Nama Pukis Iran sendiri berasal dari singkatan Pukis Idola Rakyat ‘Naknan. Nah, satu-satunya penjual Pukis Iran di Salatiga ini adalah Mas Ratno. Mas Ratno ini dari saya SD sampai sekarang udah mau wisuda, mukanya nggak ganti-ganti lho *iyalah :D. Dan setiap pagi selalu ramai pembeli, apalagi kalau hari Sabtu atau Minggu, antriannya panjang. Apalagi Mas Ratno tidak dibantu pegawai, sehingga seringkali ketika weekend bisa menunggu sampai setengah jam agar pesanan Pukis Iran siap.

Mas Ratno yang sekarang tinggal di Desa Plumbon, Kecamatan Suruh, Kab.Semarang ini biasa buka outlet Pukis Iran di depan Toko OHH dari pukul 05.00 sampai sekitar pukul 08.00. Mas Ratno ini dulunya sempat menjadi karyawan penjual kue pukis di daerah Banyumanik, Semarang, Setelah 2 tahun bekerja, Mas Ratno diutus bosnya untuk membuka cabang di Jakarta dari 1997-1998. Karena kondisi Jakarta pada tahun tersebut sedang rusuh, Mas Ratno pulang dan kembali berjualan di Semarang. Awal tahun 1999, Mas Ratno kembali diutus bosnya untuk membuka outlet di Pulau Bali. Tetapi setelah insiden Bom Bali 1 yang berdampak pada banyaknya usaha kecil yang menjadi lesu, Mas Ratno kembali berjualan di Semarang.

Pada tahun 2002, Mas Ratno mengundurkan diri dari pekerjaannya dan meminta izin dari bosnya untuk membuka usaha sendiri di Kota Salatiga. Awalnya dia membuka outletnya di Lapangan Pancasila, lalu pindah di depan Masjid Pandawa, lalu pindah ke CIMB Niaga, lalu pindah lagi di Pasaraya 1, dan akhirnya sekarang menetap di depan toko OHH (pagi). Btw sejak 2008, Mas Ratno telah membuka outlet ke-2 nya di samping Toko Mas Gajah di Pasaraya 1 dengan jam operasi 15.00 – 21.00.

Nah terakhir, buat yang belum tahu, ini nih yang namanya Mas Ratno. Kalau lagi di Salatiga, jangan lupa ngicipin Pukis Iran ya, dijamin ketagihan, haha.

SONY DSC

SONY DSC

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s